Minggu, 27 November 2011

AQUASCAPE/AQUASCAPING


CO2 BUAT AQUASCAPING
CO2 Untuk mendapatkan hasil yang optimal kehadiran CO2 dibutuhkan di lingkungan aquascape. CO2 set yang terdiri dari tabung, regulator, bubble counter, reaktor/diffuser dapat ditemui di toko aquascape. CO2 set tabung bukanlah barang yang murah pendekatan "Do It Yourself" (DIY) bisa dilakukan dengan mereaksikan gula, air hangat dan ragi untuk menghasilkan gas CO2. Setup dengan tipe high light wajib menggunakan CO2 set tabung agar menghasilkan output CO2 minimal 3 bubble per second. Sedangkan setup low/medium light bisa menggunakan output CO2 DIY. Banyak aquascaper tidak menggunakan tambahan CO2 dan mendapatkan hasil yang cukup memuaskan dengan berbekal pengetahuan tentang karakteristik tanaman. Atau setup tanpa tambahan CO2 bisa dilakukan dengan metode natural.Jika ingin menggunakan CO2 Sebaiknya gunakan yang jenis tabung, memang awalnya terasa mahal, tetapi untuk jangka panjang, sistem tabung jauh lebih murah daripada CO2 DIY dan tentunya tidak perlu repot beli gula dan ragi. lalu sistem tabung juga punya outflow yang jauh lebih stabil daripada CO2 DIY, dimana hal ini sangat penting untuk menjaga balance aquascape. Mengenai perlengkapannya apa saja bisa cek di bagian gambar.

CO2 selama 24jam, lalu dosis yang dimasukkan tergantung dari ukuran aqua, jenis tanaman, dan besar lampu yang digunakan. Untuk mudahnya Anda bisa menggunakan CO2 permanent test. Atur sedemikian rupa flow CO2 nya agar CO2 indicator tetap berwarna hijau. Jika Anda telah lebih mahir, Anda tidak memerlukan bantuan permanent test ini. Untuk penggunaan CO2 permanent test, ikuti saja petunjuknya di kemasan produk.
Hati-hati dalam bermain dengan co2, kalau berlebihan, ikan Anda bisa mati semua. Paling aman coba dari 1 bubble per second, kemudian bertahap dinaikkan jumlahnya sampai ke titik optimal.
Jual Tabung CO2 Full Set, (hub. laksa 022-92253871)
AQUASCAPING
Pada masa kini sebuah aquarium bukan lagi hanya sebagai tempat memelihara ikan, didalamnya juga dapat untuk memelihara tanaman air hidup menyesuaikan dengan habitat aslinya konsep ini disebut aquascaping.aquascaping yang didekorasi dengan indah dan pemeliharaan dengan baik memiliki nilai tambah bagi suatu ruangan dan mereka yang menempati ruang tersebut, karna itu kini aquascaping tidak saja diselenggarakan oleh aquaris, tapi juga sebagai elemen interior ruang tinggal, perkantoran, rumah sakit, restoran, salon, yang memiliki fasilitas areal umum misalnya ruang tunggu.

Aquascaping banyak diminati karna keindahan dan mudahnya dalam merawatnya, keindahan dapat dilihat dari imajinasi dalam menyusun antara tata letak tanaman, unsur dekorasi lainya seperti pasir membentuk contur dasar aquarium batu-batuan alam, dan tentunya ikan yang selaras, dan memiliki air yang jernih dan sehat.

Untuk perawatan aquascaping terbilang mudah, karna dalam perawatan aquascaping tidak diperlukan pengurasan total.cukup menjaga kestabilan air, penerangan(waktu penyinaran), pemupukan(pupuk cair), dan pemberian pakan ikan.karena itu blog ini akan bolg ini akan memudahkan aquaris membangun, merawat dan dalam anda memilihtanaman dan ikan yang tepat sesuai dengan keadaan habitat aslinya

Pertama kita tentukan tema aquascaping yang kita buat, setelah itu dapat kita buat design untuk mengoptimalkan evisiensi dalam kita mendekor.kemudian kita tentukan tanaman yang akan kita buat, tentunya dengan bajet yang kita miliki. Adapun tanaman memiliki sifat-sifat yang berbeda, perbedaan sifat tersebut ditentukan dari sifat alam dimana tanaman tersebut berasal, ada yang membutuhkan suhu air yang dingin biasanya tanaman ini terdapat di daerah pegunungan atau air terjun, suhu normal biasanya untuk tanaman bersuhu normal dapat dijumpai didaerah sungai, cahaya yang tinggi dan rendah tergantung dari tanaman sekitar atau kedalaman tanaman air tinggal, dan banyaknya nutrisi yang dibutuhkan.untuk menggunakan tanaman yang bersifat suhu yang dingin kita harus mimiliki bajet yang lebih dikarnakan kita harus memiliki alat pendingin air, sedangkan untuk besuhu normal bila kita tinggal di Jakarta kita boleh memakai kipas aquarium.

Dalam memilih ikan , kita harus mempelajari dan mengenal sifat ikan dan kebutuhannya. Dengan kita mengenal jenis ikan kita akan tau pasangan ikan yang akan kita padukan, jangan sampai ikan kita akan saling bertarung memperebutkan daerah, memakan penghuni lain,contohnya memakan udang, keong dan tanamanyang kita pelihara,atau merusak dekoran yang kita buat.selamat mencoba.

Setup aquascaping
Sebelum mulai ada banyak yang harus disiapkan :
1. siapkan Aquarium
pengalaman saya dan teman-teman saya inilah yang terpenting dalam aquascaping,kita harus membuat infrastruktur yang baik, jangan sampai kerjaan kita dah selesai kita mengubahnya dikarenakan aquarium pecah atau terlalu banyak lumut.untuk aquarium Kalau baru mulai saya sarankan main dari yang 200L (100 x 45 x 45), jangan langsung ke aqua yang kecil karena air gampang gak stabil, atau aqua yang terlalu besar karena maintenance agak susah. Lalu aquarium open top lebih baik, karena sangat memudahkan, setelah itu letakan aquarium di tempat yang rata kemudian Letakkan aquarium pada posisi yang terhindar dari cahaya matahari langsung, karena dapat menyebabkan pertumbuhan algae yang tidak diinginkan.

2 . siapkan peralatan
Peralatan aquascape
Ada banyak peralatan aquascape yang harus disiapkan untuk memudahkan dalam maintenance dan proses setting.
- gunting : untuk proses trimming
- pinset : untuk proses penanaman
- Filter
- lampu
- pasir
- Pupuk dasar
- co2 (tabung,selang legulator)
- cooling fans
- termometer digital.
- undergravel (jika ingin pakai)

berikutnya adalah :

cara seting aquascaping
1. siapkan meja di tempat yg sdh dipastikan, lalu taruh selembar styrofoam, baru letakkan aquarium.
2. cuci pasir.
3. campur 1/3 pasir yg akan digunakan dgn pupuk. setelah itu diratakan (semua dilakukan dlm aquarium). tutup campuran pasir dgn sisa pasir 2/3 bagian tadi. kemudian ratakan lagi, buat posisi depan lebih rendah dari posisi belakang (seperti tanjakan).
4. siapkan filter dan tabung co2. letakkan masing2 pada lokasi yg sdh ditetapkan.
5. pasang selang filter dan letakkan dlm aquarium (utk canister filter) dan juga pasang diffuser ke selang yg telah dihubungkan dgn regulator dr tabung co2. jgn lupa juga utk pasang lampu, biar kerjanya enak, krn terang.
6. letakkan ornamen yg akan digunakan (batu, driftwood, bogwood, background dsbnya).
7. isi air scr perlahan2 (pake piring atau spray) sebanyak -+ 20 cm.
8. tanamlah tanaman foreground.
9. isi lagi air aquarium hingga 3/4 kapasitas tingginya.
10. tanam lagi tanaman midground n bacground.
11. isi air hingga penuh.
12. bersihkan daun2 yg mengambang.
13. nyalakan filter dan set co2 agar mengeluarkan gelembung 1-3 belembung/detik.
14. lap kaca aquarium n beres2.
15. selesai, tinggal duduk santai di sofa sambil menikmati hasil kerja tadi, sambil ngupi atau ngerokok (buat perokok).
16. ganti air sebanyak 1/2 setiap minggu sekali.
17. setelah koloni bakteri di filter tumbuh dgn stabil, baru masukkan pupuk cair, biasanya setelah 1-2 bulan sejak disetup.
18. kl tanaman sdh terlalu rimbun n merusak komposisi, artinya sdh saatnya dipangkas.

MACAM-MACAM FILTER
Filter
Kriteria filter yang baik untuk aquascape :
- tidak membazirkan gas CO2 yang sudah terlarut
- dapat menyaring kotoran dengan baik dengan fungsi filtrasi mekanik
- fungsi filtrasi lebih diutamakan pada fungsi biologis, yaitu penguraian ammonia menjadi nitrogen yang dapat dipakai tanaman
- umumnya tidak perlu mengadopsi filtrasi kimia (zeolite, karbon aktif)
- mendukung sirkulasi air yang baik di aquarium tanpa adanya daerah stagnant. Daerah yang stagnant tidak mendapatkan cukup CO2 dan nutrisi.

Filter bukan hanya berfungsi menjaga kualitas dan kejernihan air saja, seperti yang sudah diterangkan diatas, dalam aquascape sirkulasi air yang baik dapat menyebarkan nutrisi secara merata ke seluruh tanaman di dalamnya. Jenis filter yang cocok adalah filter yang tidak menimbulkan riak2 dipermukaan air yang mengakibatkan gas CO2 terbuang percuma akibat sifatnya yang lebih ringan . Pilihan bisa jatuh pada filter canister atau pilihan yang lebih murah filter box internal. Jenis filter gantung, trickle atau wet & dry tidak cocok digunakan dalam aquascape.

filter canister Ukuran dan harga beragam, yang jelas tidak ada yang murah. Bisa coba merek eheim, fluval atau yg lebih murah ada jebo dan resun. Lalu ada lagi filter model waterfall yang ngetrend buat aqua kecil, yang banyak di pasaran merek dari China. Filter model overflow dengan sump yang non trickle adalah pilihan lainnya dan biasa dipakai pada aquarium yang besar, filter ini pada umumnya custom made alias dibuat sendiri sesuai keperluan.Internal filter - sangat2 murah sekali
bahan hanya dari powerhead yang cukup kuat, sebuah botol plastik bekas soda ukuran besar dan elemen filter (spon kasar, spon halus).







TERIMA JASA DESAIN AQUASCAPE/AQUASCAPING, Rp 5000/LITER.  Info lebih lengkap Silahkan hub. 022-92253871/081221010178
Alamat, Cihampelas Gg.bongkaran no.17 BANDUNG.





REPLICA BONSAI FOR AQUASCAPE,
Harga tergantung Ukuran dan model sesuai yang diinginkan,Terima Pesanan partai maupun satuan, Melayani Dalam/Luar Kota.




Ikan hias Diskus (Symhysodonodiscus) merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang berasal dari sungai Amazon (Brasil). Jenis ikan tersebut mempunyai nilai ekonomis yang baik dan sangat disenangi di berbagai negara. Di Indonesia ikan Diskus sudah dapat dibudidayakan dan sangat potensil untuk dikembangkan karena selain dapat dipasarkan dipasaran lokal, juga dapat merupakan komoditas ekspor. Ciri khas dari ikan diskus ialah benetuk badannya tubuh pipih, bundar mirip ikan bawal dengan warna dasar coklat kemerah-merahan. Ikan diskus dapat dibudidayakan didalam Aquarium untuk sepasang diskus dapat ditempatkan dalam aquarium berukuran sekitar 75 x 35 x 35 cm kwalitas yang diperlukan untuk hidup dan berkembang ikan diskus yaitu di air yang jernih, temperatur sekitar 28 - 30 ° C pH (derajat keasaman) 5 - 6 selain itu kandungan Oksigen terlarutnya harus cukup tinggi yaitu + lebih besar dari 3 ppm (pxrt per million). Ikan Diskus sudah dapat dikembangbiakan setelah berumur antara 15 - 20 bulan. Adapun makanan yang umum dengan makan yaitu kutu air, cuk, cacing (makanan buatan) yang ada dipasaran.

Discus sebagai rajanya ikan air tawar menarik banyak akuaris maupun orang awam untuk memeliharanya. Selain bentuk, warna, dan coraknya yang menarik, harganya yang mahalpun menjadi salah satu daya tarik untuk memeliharanya. Namun memelihara terutama untuk memilih calon bibit yang baik tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Untuk mendapatkan discus yang baik tentulah harus mendapatkan bibit yang baik. Oleh karena itu seorang hobies terutama pemula harus jeli dalam memilih ikan. Kesulitan terbesar yang dihadapi oleh pemula adalah kurangnya pengetahuan mengenai kualitas discus yang baik. Banyaknya jenis discus, terutama nama-nama yang berlainan untuk satu jenis discus ikut membuat pemula ini semakin bingung.

Berikut tips untuk memilih discus yang baik, diantaranya;
Warna kulit yang cerah, tidak berselaput ataupun mengeluarkan lendir yang berlebihan. Warna kulit yang mengkilap/ hitam menandakan kondisi discus yang tidak sehat. Garis hitam vertical/ stress bar yang sangat menyolok/ tegas menandakan discus dalam kondisi stress yang berat. Jumlah garis ini berbeda-beda menurut varian ikan. Biasanya berjumlah antara 7-18 bar. Stress bar ini tidak menentukan sakit tidaknya seekor discus, tetapi sebagai parameter kondisi discus akibat kaget, atau kondisi lingkungan yang tidak cocok bagi discus. Banyak jenis discus yang menunjukkan stress-bar nya dengan jelas.

Sisik pada ikan yang bersih dan tidak terkelupas, tidak berbintik putih dan berlendir terlalu banyak. Sirip ikan haruslah terlihat bersih dan lengkap. Sirip yang sobek, rusak, berjamur menandakan ikan tidak sehat. Biasanya pada sirip ikan sering terserang fin rot. Sirip yang tidak cacat dan seimbang akan membuat bentuk discus bulat dan indah dipandang.

Warna mata yang bening, tidak berselaput ataupun berbintik putih. Bola mata yang tidak terlalu mencolok keluar seperti ban radial. Mata demikian disebut pop eye yang disebabkan kondisi air yang jelek, dan ikan terjangkit intestinal bakteri. Ukuran mata yang terlalu besar pada ikan yang berukuran kecil menandakan ikan tersebut terhambat pertumbuhannya atau biasa disebut bantet/ kontet. Selain itu mata yang hitam dapat diakibatkan oleh penyakit internal dan terlalu lama terkena kontaminasi obat-obatan dalam jangka lama.

Bentuk tubuh ikan discus yang ideal, tidak kurus yang nampak dari ketebalan dahi/ jidat discus. Discus yang tidak cacat fisik, biasanya terlihat dari depan/ muka dimana sisi kiri dan kanan terlihat sama. Mulut ataupun bagian tubuh lainnya tidak ada yang lebih ke kiri/ ke kanan.

Cara bernafas yang berirama teratur, dimana kedua insang membuka dan menutup bersamaan, tanpa ada yang lebih besar membukaya ataupun bernafas hanya dengan satu insang. Biasanya ikan yang bernafas dengan satu insang terjangkit Gill Fluke Dactylogyrus atau kutu insang. Tutup insang rata menutupi insang, tidak pendek dan tidak menganga terbuka. Juga harus diperhatikan nafas yang snagat cepat, yang dapat disebabkan oleh kekurangan oksigen naum dalam jangka panjang akan merusak fungsi insang.

Discus yang sehat umumnya tidak takut terhadap manusia yang melihatnya. Discus yang baik dan sehat biasanya akan segera mendekat dengan cepat, mengira akan diberi makan. Selain itu discus yang sehat umumnya tidak menyendiri, tertapi berbaur dengan teman-temannya.
Umumnya discus yang sehat, gaya berenangnya tenang, tidak tersendat-sendat. Discus yang suka menggesekkan bagian tubuhnya ke alat-alat atau benda sekitarnya, umumnya terserang parasit. Hal ini mungkin karena rasa gatal yang ditimbulkan akibat gigitan kutu ataupun jamur/ bakteri pada kulit maupun insang. Discus yang sehat umumnya berenang dengan tenang, dasi/ pectoral fin – sirip depan bawah perut diturunkan sehingga terlihat gagah pada saat berenang.

Jangan mudah tertipu dengan warna. Warna merah membara pada mata dan warna yang menyolok, terutama pada discus kecil & remaja (antara 2-3 inci), bukan jaminan untuk mendapatkan discus yang baik. Pada saat ini ada sebagian kalangan yang menggunakan hormon untuk memaksakan keluarnya warna ikan, yang bertujuan untuk memudahkan penjualan dan meningkatkan daya tarik ikan. Warna ini tidak akan bertahan lama (kurang lebih 2 minggu-1 bulan). Pemakaian hormon dapat mengakibatkan gagalnya pemijahan atau anakan yang dihasilkan sedikit dan biasanya tidak sehat.

Batik atau pattern ikan biasanya akan timbul mulai 2 inci ke atas dan bertahap. Berhati-hatilah jika membeli discus yang sudah keluar batik sejak ukuran kecil, karena kemungkinan adanya pemberian hormon untuk mengeluarkan batik ini agar terlihat indah. Adalah wajar batik yang keluar hanya setengah atau kurang pada ukuran 2 inci, namun terkadang kualitas discus yang rendah mengakibatkan batiknya tidak keluar secara sempurna hingga full satu badan.

Usahakan membeli ikan paling tidak ukuran 2 inci, karena pada ukuran inilah ciri-ciri ikan sehat dan baik dapat dilihat dibandingkan ukuran yang lebih kecil. Hindari untuk membeli burayak walaupun harganya murah, terutama jika anda seorang pemula. Jangan tergiur dengan keuntungan karena memelihara burayak tidak mudah.

Selain tips di atas, yang harus diterima oleh pemula adalah cacat fisik seperti mata besar sebelah, pertumbuhan fin tidak sempurna, dahi menonjol, bagian kepala meruncing dll. Kemudian yang terpenting adalah lakukan adaptasi secara perlahan sesudah tiba dirumah dan lakukan karantina pada setiap ikan yang dibeli.
Perkawinan silang variatif, membentuk hasil anak dengan strain strain warna yg aneh...,warna semakin aneh justru makin mahal. disini lah letaknya ikan discus dgn kombinasi warna yg berbeda beda harga discus bisa tinggi.
Nga mudah untuk memperkawinkan ikan discus dgn cara alami, buat peminat ikan Discus harus lebih bersabar untuk mengembangbiakkan ikan ini.dlm hal perawatan sangat mudah, Nga ada kata susah. selama anda mau giat dan kiat untuk memelihara dgn baik (lebih baik mencegah dari pada mengobatin.)
FOR SALE DISCUS FISH. Terima bikin jasa DESAIN AQUASCAPE Rp 5000/LITER
hub. 022 92253871, 081221010178
Jl.Cihampelas, Gg bongkaran no.17 BANDUNG.



                                                                                                   
FOR SALE DISCUS FISH. Terima bikin jasa DESAIN AQUASCAPE Rp 5000/LITER
hub. 022 92253871, 081221010178
Jl.Cihampelas, Gg bongkaran no.17 BANDUNG.




Nike Elastico Pro, buat para pengemar futsal saya disini menjual berbagai jenis2 sepatu apa yg mungkin cocok dgn selera anda harga berani bersaing. IDR Rp.680.000 NO REPLICA NO KW. READY STOCK

















Nike CAPRI, yg dirancang dgn gaya lifestyle yg bisa dipake sehari hari dgn selera gaya anda. bahan yg terbuat dr leather ini terkesan elegant. IDR Rp.425.000 READY STOCK
Color brown/blackwhite




Nike CAPRI, yg dirancang dgn gaya lifestyle yg bisa dipake sehari hari dgn selera gaya anda. bahan yg terbuat dr leather ini terkesan elegant. IDR Rp.350.000 READY STOCK
Color brown/blackwhite
SOLD OUT/TERJUAL


NO REPLICA NO KW
KARRIMOR BORDER, yg dirancang untuk hiking dgn tektur sesuai dgn kondisi alam. dgn bahan leather suede yg kuat akan menahan gesekkan gesekkan dgn model yg sangar dan cocok buat anda yg hari harinya penuh tantangan. IDR Rp.300.000
READY STOCK. color brown /blck.

NO REPLICA NO KW
KARRIMOR BORDER, yg dirancang untuk hiking dgn tektur sesuai dgn kondisi alam. dgn bahan leather suede yg kuat akan menahan gesekkan gesekkan dgn model yg sangar dan cocok buat anda yg hari harinya penuh tantangan. IDR Rp.300.000 READY STOCK. color brown /blck.


Nike CORTEZ,
Dgn tektur model lifetyle..,yg cocok buat anda yg hari harinya penuh dgn aktifitas. Dgn bahan leather sweet yg tahan terhadap kondisi sekitar anda. IDR Rp.499.000
READY STOCK. Color Navy/white leather

Nike ERIC KOSTON,
Dgn model Sneakers yg cocok buat anda penuh dengan aktifitas EXTREAM, Apakah anda termasuk katagori EXTREAM? Ohh tentu tdk, buktikan....anda yg terbaik.
Color red/wht, blck/grey, grey/black. IDR Rp.750.000 BARANG READY STOCK.



Nike MELEE,
Dengan model Sneakers yg buat anda penuh dgn gaya masa kini. IDR Rp.250.000
NO REPLICA NO KW. BARANG READY STOCK.

Nike MELEE,
Dengan model Sneakers yg buat anda penuh dgn gaya masa kini. IDR Rp.250.000
NO REPLICA NO KW. BARANG READY STOCK.

NIke SB IDR Rp.750.000
Nike MOGAN Hi. IDR Rp.750.000
Nike GATO, IDR Rp.575.000
Nike OVERPLAY VI, IDR Rp.450.000





Ripcurl QUARTZ, IDR Rp.500.000
INFO lebih lengkap. model dan pilihan bisa dilihat di https://www.facebook.com/pages/WaRung-Shop-Sneakers-Shoes/141953612568259

Tidak ada komentar:

Posting Komentar